Sebelum kita membahas tentang pemograman berorientasi objek, alangkah baiknya jika kita memahami terlebih dahulu istilah mengenai ” program, bahasa pemograman, dan pemograman”.

Program adalah suatu bentuk aplikasi atau bisa juga disebut software yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman tertentu yang dapat menyelesaikan suatu pekerjaan atau kumpulan pekerjaan baik perhitungan atau pun serangkaian perhitungan yang masih bisa di logika.

Bahasa Pemograman adalah serangkaian perintah-perintah yang dimengerti oleh komputer untuk bisa melakukan pekerjaan atau tugas tertentu.

Pemograman adalah suatu teknik untuk membuat program dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Sedangkan pemograman beorientasi objek sendiri adalah cara atau metode untuk membuat suatu program berdasarkan suatu objek

Untuk lebih mudah memahami konsep tentang object, sebagai contoh kita bisa melihat disekeliling kita, misalkan meja,kursi,almari adalah contoh object . Object yang tersebut berada dalam sebuah ruang, sedangkan ruang yang lain berisi alat maemasak, alat memasak ini juga disebut object dari sebuah ruang. Kalau kita memperbesar sudut pandang kita maka ruang ini adalah object dari sebuah rumah, dan kalau kita besarkan lagi sudut pandangnya rumah ini juga object dari bumi, dan begitu seterusnya. jadi object tergantung dari sudut pandang kita terhadap sesuatu itu.

Kalau dalam pemrograman, Ruang, Rumah, Bumi inilah yang disebut class.

Setiap object memiliki atribut dan Method. Atribut adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan karakteristik dari object. sedangkan mothod adalah segala sesuatu yang dapat dilakukan oleh object.

Sebagai contoh, Meja memiliki atibut warna, model,tipe dan lain sebagainya
dan Meja juga memiliki method untuk menulis,untuk menggambar, untuk makan.


Label: