Objek adalah gabungan antara beberapa data dan fungsi yang masing – masing bekerja bersama – sama dan tidak dapat dipisahkan. Objek didunia nyata sangatlah sederhana dan sering kita jumpai. Misalkan singa merupakan objek dari binatang buas, manusia merupakan makhluk hidup ciptaan Allah SWT, mobil merupakan objek dari alat transportasi.

Kumpulan dari beberapa objek yang sama akan membentuk struktur baru yang di sebut class. Sesuai contoh diatas maka binatang buas, makhluk hidup, alat transportasi adalah contoh dari class.

Setiap objek mempunyai beberapa atribut dan behavior ( perilaku ). Sebagai contoh adalah objek dari mobil dimana objek mobil tersebut mempunyai beberapa atribut dan behavior, yaitu:

Objek Mobil

Mempunyai atribut, antara lain:

Ban, kursi, lampu, rem, gas, roda, strir, dan lain – lain

Mempunyai Behavior, antara lain:

Mogok, berjalan, diperbaiki, dan lain – lain.

Dalam pemograman berorientasi objek atribut merupakan veriabel yang mengitari sebuah class lengkap dengan nilai datanya. Sedangkan behavior merupakan method atau fungsi. Method merupakan imlementasi bagaimana bekerjanya sebuah class.

Sebagai contoh kita akan membuat sebuah program sederhana yang ditulis menggunakan bahasa pemograman java, dimana kita akan membuat class, objek, dan memanggil atribut.

Example:

1. Buat file dengan nama file Mobil

class Mobil{
String bahanBakar;
int kecepatanMax;
}

2. Buat file dengan nama file MobilOperasi

public class MobilOperasi{
public static void main(String [] args){

Mobil mobilku=new Mobil();

mobilku.bahanBakar=”Bensin”;
mobilku.kecepatanMax=200;
System.out.println(”Bahan Bakar:”+mobilku.bahanBakar);
System.out.println(”Kecepatan Maximal:”+mobilku.kecepatanMax+”km/jam”);

}
}

Pada file Mobil terdapat class mobil yang mempunyai atribut bahanBakar dan kecepatanMax dengan tipe data masing – masing string dan integer. Nama class harus sama dengan nama file yang dibuat.

Pada file MobilOperasi terdapat class MobilOperasi yang didalamnya terdapat perintah untuk membuat objek dan memanggil atribut serta memberikan nilai


Label: